Friday, February 7, 2014

Seberapa Besar Kapasitas-mu ?

Berapa penghasilan bulanan yang kamu peroleh? Cukupkah buat penuhi kebutuhanmu dan keluarga? Dan, apakah kamu puas dengan jumlah yang kamu terima itu?

Jujur aja, jelas kita semua gak ada yang puas dengan apa yang telah kita peroleh. Mungkin alasannya, gak sesuai dengan apa yang udah kita kerjakan. Tapi, coba kamu kalkulasi dengan daftar kebutuhan yang harus kamu penuhi..., meskipun kita bilang gak cukup, tapi toh musti dicukup-cukupkan juga. Dan memang cukup, walau dengan perjuangan.

Sekarang, coba kamu bayangkan...
Gimana seandainya, tiba-tiba aja penghasilanmu naik 10 kali lipat dari jumlah sebelumnya. Entah itu disebabkan kenaikkan jabatan, kebanjiran job atau bahkan menang undian...

Apa yang terjadi...?
Mungkin kamu belum menyadari, bahwa duit tersebut bakalan abis juga akhirnya. Abis... dan bahkan kamu sendiri bingung kenapa bisa abis secepat itu.

Mengapa bisa begitu...?
Karena, ibarat diri kita ini sebuah gelas, kita telah dituangin air melebihi kapasitas, hingga meluber dan terbuang sia-sia. Hehehe.. Jangan keburu tersinggung yah.

Saya hanya pengin sharing tentang apa yang saya pikirkan mengenai rahasia ukuran berkat yang dilimpahkan Tuhan kepada masing-masing umatnya. Kadang kita melihat...

Ada sebagian orang yang memang beruntung dilahirkan dari keluarga kaya, dan seumur nidup akan terus kaya (pasti disekeliling kita banyak yang bisa dijadikan contoh).

Ada orang yang dilahirkan susah, tetapi lewat perjuangan keras maka dia mencapai kesuksesan dan menjadi kaya (yang ini bisa ditemui di biografi orang-orang sukses).

Ada juga orang yang dilahirkan susah, udah berusaha tapi tetap susah juga (ini terjadi di sebagian besar kita-kita. ampun deh...).

Apakah Tuhan sudah adil terhadap kita?
Jawabannya, jelas Tuhan maha adil dan pasti murah hati. Karena Tuhan menuangkan berkatnya berlimpah-limpah dengan jumlah liter yang sama untuk semua umat yang dikasihinya. Tetapi kapasitas kita buat terima berkat itulah yang berbeda-beda, satu sama lain.

Pengin menerima lebih banyak, perbesarlah kapasitasmu...
Apakah yang dimaksud kapasitas itu? Sulit sekali buat memahaminya bukan. Tapi saya ada satu pertanyaan yang jawabannya merupakan jawaban dari judul artikel ini, seberapa besar kapasitasmu?

Seandainya secara tiba-tiba kamu kejatuhan rejeki Rp.100juta, Apakah yang akan kamu perbuat?